PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA MINIATUR EKOSISTEM TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN RANTAI MAKANAN

Iriyanti, Laras (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA MINIATUR EKOSISTEM TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN RANTAI MAKANAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0067_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0067_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0067_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0067_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0067_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dengan media miniatur ekosistem terhadap peningkatan pemahaman rantai makanan pada siswa kelas V di SD Negeri Kowangan Kabupaten Temanggung . Desain penelitian menggunakan eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah 47 siswa kelas V SD Negeri Kowangan tahun ajaran 2017/2018 yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 24 dan kelas VB sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 23. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Nonprobality sampling dengan model sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa tes soal pemahaman. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis data yang digunakan uji Mann Whitney U dengan bantuan program IBM Statistic versi 24 for windows. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning dengan media miniatur ekosistem berpengaruh positif terhadap pemahaman rantai makanan. Hasil analisis uji Mann Whitney U 0,000 < 0,05. Peningkatan dari hasil tes pemahaman dengan rata-rata pretest dan postest kelompok kontrol sebesar 7,9 sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 9,8.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Drs. Tawil, M.Pd., Kons dan Rasidi, M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman rantai makanan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:37
Last Modified: 25 Apr 2019 03:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item