PENGARUH STRATEGI MEMBACA KWL (KNOW- WANT TO KNOW- LEARNED) MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Mayasari, Ida (2019) PENGARUH STRATEGI MEMBACA KWL (KNOW- WANT TO KNOW- LEARNED) MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0044_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (829kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0044_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0044_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0044_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0044_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi membaca know-want to know-learned melalui media kartu gambar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Kutoarjo Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan bentuk Nonequivalent control group design. Teknik Sampling yang digunakan adalah sample random sampling.Sampel yang diambil sebanyak 57 orang, yang terdiri dari 28 siswa kelas kelompok eksperimen dan 29 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes. Uji validitas instrumen tes dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reabilitas menggunakan cronbach alpa dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 22.0. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan program SPSS For Window Versi 22.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membaca know-want to knowlearned melalui media kartu gambar berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Paired Sample t-test pada kelompok eksperimen didapatkan nilai sig (2- tailed)sebesar 0,000 (signifikansi < 0,05). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata nilai posttest Bahasa Indonesia antara kelompok eksperimen sebesar 84, 4 dan kelompok kontrol sebesar 74, 6. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi membaca know-want to know-learned melalui media kartu gambar memberikan pengaruh yang lebih besar atau signifikan dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Dra. Lilis Madyawati, M.Si.,dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd.,(Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Strategi Know-Want to know-Learned, Media Kartu Gambar, Keterampilan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:16
Last Modified: 24 Apr 2019 07:16
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item