SAMPUL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA PAPAN PERUBAHAN WUJUD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Jayanti, Herdina Okta Dwi (2019) SAMPUL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA PAPAN PERUBAHAN WUJUD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0009_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (763kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0009_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0009_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0009_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0009_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan media papan perubahan wujud terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas III SD N 2 Temanggung II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperimental Design) dengan model Noneeqivalent Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara Nonprobability Sampling model sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 42 orang, siswa terdiri dari 22 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes hasil belajar IPA. Uji validitas tes hasil belajar IPA dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 22.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas. Anlisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu uji ANOVA untuk menguji pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan media papan perubahan wujud terhadap hasil belajar IPA dengan bantuan SPSS for windows versi 22.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,31 lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol sebesar 70,05. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Two Way Anova pada kelompok eksperimen dengan nilai sig alpha>0,05 hasil belajar mempunyai signifikansi 0,001 < 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan media papan perubahan wujud sedanglan kelas kontrol yang tidak menggunakan model dan media pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Sugiyadi, M.Pd. Kons dan Ahmad Syarif, M.Or (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis proyek, media papan perubahan wujud, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:13
Last Modified: 24 Apr 2019 07:13
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item