Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Mutu Pembelajaran di MI Muhammadiyah Danurejo

Mufidah, Mufidah (2019) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Mutu Pembelajaran di MI Muhammadiyah Danurejo. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0405.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0007_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0007_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0007_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran di MI Muhammadiyah Danurejo. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MI Muhammadiyah Danurejo yang berjumlah 120 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran MI Muhammadiyah Danurejo menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis deskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru dalam kategori sangat baik dengan presentase sebesar 40%, besarnya korelasi koefisien (rx1y) sebesar 0,859, diketahui r tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,433, sehingga 0,859> 0.433, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh terhadap mutu pembelajaran (2) kompetensi profesional guru dalam kategori sangat baik dengan presentase 60%, besarnya korelasi (rx2y) sebesar 0,848 diketahui r tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,433, sehingga 0,848> 0.433, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga kompetensi profesional guru memiliki pengaruh terhadap mutu pembelajaran dan (3) Kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap mutu pembelajaran di MI Muhammadiyah Danurejo. Hal ini dibuktikan dengan perolehan besarnya korelasi koefisien setelah dikontrol mutu pembelajaran sebesar 0,560 lebih besar dari 0,433 taraf signifikan 5%, dan besarnya nilai probabilitas 0,013 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Nilai F hitung sebesar 32,616 dengan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besar koefisien determinasi adalah 0,793. Pengaruhnya sebesar 79,3%, sehingga dapat dikatakan bahwa kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran di MI Muhammadiyah Danurejo lebih banyak dipengaruhi oleh faktor itu. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamugkas Sari, M.Pd. (0626046902) dan Irham Nugroho, M.Pd.I (0626098802)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, Mata Pelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 09 Oct 2019 04:08
Last Modified: 09 Oct 2019 04:08
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item