PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) DENGAN MEDIA HIDE DAN SEEK PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Puspitasari, Ana (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) DENGAN MEDIA HIDE DAN SEEK PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0209_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0209_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0209_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0209_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0209_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rejosari 1 Bandongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental desig.n dengan model one group pretest posttest. Variabel bebas penelitian yaitu model pembelajaran SAVI dengan media Hide dan Seek Puzzle (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA (Y). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Rejosari 1 Bandongan yang berjumlah 22 siswa. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh atau total sampling. Data dikumpulkan menggunakan soal tes. Analisis data menggunakan uji t (paired-sample t-test) dengan bantuan SPSS for windows versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis uji t dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan, nilai rata-rata posttest keseluruhan responden setelah diberikan perlakuan meningkat dari nilai rata-rata pretest 61,82 menjadi 83,77. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI dengan media Hide dan Seek Puzzle berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Hermahayu, M.Si. Dosen dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI dengan media Hide dan Seek Puzzle, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 24 Apr 2019 06:43
Last Modified: 24 Apr 2019 06:43
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item