PENGARUH PEMBELAJARAN FIELD TRIP PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA

Prasongko, Adi Ponco (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN FIELD TRIP PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0020_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0020_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0020_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0020_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0020_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Field Trip pada mata pelajaran IPS terhadap rasa ingin tahu siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kemirirejo 1 Kota Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi Experimental tipe Nonequivalent control groupdesign. Subjek penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 50 siswa terdiri dari 25siswa kelompok eksperimen dan 25 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Uji validitas instrumen angket menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer program IMBSPSS versi 25.00 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik Mann-Withneydengan bantuan komputer program IMBSPSS versi 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 83,1 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol sebesar 78,4. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Mann-Withneypada kelompok eksperimen dengan nilai rasa ingin tahu memiliki signifikansi 0,005< 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttestkelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Field Trip sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran Field Trip. Hal ini dapat dimaknai bahwa pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran Field Trip memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan metode pembelajaran. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Field Trip berpengaruh positif terhadap rasa ingin tahu siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi.dan Dhuta Sukmarani,M.Si. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Field Trip, Rasa Ingin Tahu Siswa, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:38
Last Modified: 16 Apr 2019 07:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item