Setyapratama, Yusella Rangga (2019) IMPLEMENTASI CASE BASED REASONING PADA SISTEM PAKAR DALAM IDENTIFIKASI KERUSAKAN YANG TERJADI DI VENDING MACHINE BONEKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.054.0069 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB VI _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.054.0069 _ BAB IV _ BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.054.0069 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.054.0069 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
PT. Matahari Graha Fantasi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa hiburan keluarga khususnya permainan arcade. Terdapat beberapa jenis mesin yang menjadi satu kesatuan seperti video, redemption, dan vending. Tingginya potensi kehilangan pendapatan pada mesin vending yang dikarenakan perbaikan yang tidak efisien patut menjadi perhatian karena mesin vending menyumbang pendapatan lebih tinggi daripada jenis mesin lain. Proses penyelesaian kerusakan mesin yang sedang berlangsung memerlukan waktu yang lebih lama dikarenakan adanya proses konsultasi dengan pakar apabila teknisi memiliki keterbatasan dalam penanganan kerusakan mesin vending. Sistem pakar ini dibangun untuk membantu perusahaan dalam penekanan potensi kehilangan pendapatan dengan cara membantu teknisi untuk mempersingkat waktu penentuan penanganan kerusakan mesin vending dengan metode Case Based Reasoning (CBR). Sistem pakar adalah aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah seperti seorang pakar. Metode CBR memberikan hasil diagnosa berdasarkan permasalahan terdahulu yang tersimpan di dalam basis pengetahuan dan dapat direvisi untuk memecahkan permasalahan terbaru. Implementasi metode CBR pada sistem pakar menghasilkan beberapa nilai kemiripan dari sekian contoh yang diuji. Nilai hasil pengujian dengan nilai tertinggi akan diambil untuk menentukan solusi. Dapat disimpulkan bahwa penghitungan manual dan sistem memiliki hasil yang sama dan hasil penghitungan akan identik dengan deteksi seorang pakar
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mesin Vending, Sistem Pakar, Case Based Reasoning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 09:43 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 09:43 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/595 |
Actions (login required)
View Item |