Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament(TGT)Terhadap KecerdasanInterpersonal Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Kelas III SD

Litawati, Nurul (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament(TGT)Terhadap KecerdasanInterpersonal Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Kelas III SD. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0182_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0182_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0182_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0182_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teames Games Tournament (TGT) terhadap kecerdasan interpersonal siswa dan hasil belajar matematika kelas III di SDN Kowangan Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan teknik total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi kecerdasan interpersonal dan tes hasil belajar. SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TGTberpengaruh positif terhadap kecerdasan interpersonal siswa dan hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata dari kecerdasan interpersonal setelah treatment kelas eksperimen 70,5 menjadi 90,1 dan kelas kontrol 70,2 menjadi 85,9. Hasil belajar matematika rata-rata nilai kognitif kelas eksperimen meningkat adalah 64,7 menjadi 76,75 dan hasil belajar untuk kelas kontrol menjadi 64,65 menjadi 65,10.Hasil uji Mann Whitneykelas eksperimen menunjukan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed)hasil belajarsebesar 0,044 < 0,05 dannilai Asymp.Sig (2-tailed) kecerdasan interpersonal sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, maka terdapat pengaruh model Teams Games Tournament tehadap kecerdasan interpersonal siswa dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si(0611098203) dan Septiyati Purwandari,M.Pd(0601098303)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:54
Last Modified: 23 Sep 2019 04:54
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item