Pamungkas, Fajar Nor (2017) EFEKTIVITAS MODEL THE AMAZING QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0179_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (719kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0179_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0179_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0179_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model The Amazing Quantum Learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas II di SDN Kalikuto, Grabag, Magelang. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara partisipatif. Variabel penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kalikuto yang berjumlah 25 siswa, dengan 20 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, observasi dan angket minat. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model The Amazing Quantum Learning efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas II di SDN Kalikuto dengan langkah-langkah pembelajaran TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi dan Rayakan). Peningkatan minat dan hasil belajar ini terlihat pada siklus I pada aspek minat dengan nilai rata-rata mencapai 68, rata-rata hasil belajar siswa mencapai 66 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 52%. Mengalami peningkatan pada siklus II dalam aspek minat dengan nilai rata-rata mencapai 77, rata-rata hasil belajar siswa yaitu 77 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 80%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si.(0012045601) dan Rasidi, M.Pd.(0620098801) |
Uncontrolled Keywords: | The Amazing Quantum Learning, hasil belajar Matematika, minat belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 03:42 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 03:42 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/566 |
Actions (login required)
View Item |