EFEKTIVITAS MODEL THE AMAZING QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Pamungkas, Fajar Nor (2017) EFEKTIVITAS MODEL THE AMAZING QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0179_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (719kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0179_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0179_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0179_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model The Amazing Quantum Learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas II di SDN Kalikuto, Grabag, Magelang. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara partisipatif. Variabel penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kalikuto yang berjumlah 25 siswa, dengan 20 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, observasi dan angket minat. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model The Amazing Quantum Learning efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas II di SDN Kalikuto dengan langkah-langkah pembelajaran TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi dan Rayakan). Peningkatan minat dan hasil belajar ini terlihat pada siklus I pada aspek minat dengan nilai rata-rata mencapai 68, rata-rata hasil belajar siswa mencapai 66 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 52%. Mengalami peningkatan pada siklus II dalam aspek minat dengan nilai rata-rata mencapai 77, rata-rata hasil belajar siswa yaitu 77 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 80%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si.(0012045601) dan Rasidi, M.Pd.(0620098801)
Uncontrolled Keywords: The Amazing Quantum Learning, hasil belajar Matematika, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:42
Last Modified: 23 Sep 2019 03:42
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item