Nurjanah, Fitriana Rofik (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0170_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (799kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0170_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0170_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0170_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Role Play terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas II SD Negeri Keceme 1. Rancangan penelitinya eksperimen murni berbentuk two group pretestposttest design. Variabel bebas Role play dan Variabel terikat Hasil belajar. Populasinya seluruh siswa kelas II SD N Keceme 1. Subjek penelitianya 24 siswa kelas A dan 24 siswa kelas B. Sampling dalam penelitian Purposive Sampling. Metode pengumpulan data terdiri dari tes dan observasi. instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar observasi. Metode analisis datanya menggunakan uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data untuk hasil belajar domain kognitif dalam penelitian menggunakan analisis diskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa model Role Play bepengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model Role Play dibandingkan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa dengan bukti, hasil observasi afektif kelas ekperimen rata-ratanya 20,20 termasuk pada kategori sangat baik dan pada kelas kontrol rata-ratanya 12,95 termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil uji-t (t-test) hasil belajar kelas ekperimen adalah 0,03 jadi ada pengaruh positif dalam model pembelajaran Role Play.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd., Kons. (0008015701) dan Septiyati Purwandari, M.Pd.(0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPA, model Role Play |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 03:21 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 03:21 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/563 |
Actions (login required)
View Item |