Indreasari, Dea (2017) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SHALAT DHUHA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0169_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (700kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0169_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0169_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0169_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kedisiplinan shalat dhuha dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar di SD Muhammadiyah Domban III, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Metode dalam penelitian hubungan kedisiplinan shalat dhuha dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar yaitu menggunakan metode korelasional. Dalam penelitian ini ada 3 jenis instrument yang digunakan untuk memperoleh hasil penelitian, yaitu instrument untuk mengungkap frekuensi pelaksanaan shalat dhuha berupa absen, instrument perhatian orang tua berupa angket dan instrument untuk mengetahui prestasi belajar adalah hasil dokumentasi nilai-nilai mid semester II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang positif antara kedisiplinan shalat dhuha dengan prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisis korelasi linier sederhana dengan nilai perbandingan f hitung : f tabel adalah 0.265 < 3.15, sehingga dengan kata lain nilai uji f lebih kecil dari f tabel. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut tidak signifikan dengan taraf signifikan sebesar 4%, dengan demikian hipotesis pertama tidak terbukti. Tidak ada hubungan positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisis korelasi linier sederhana dengan nilai uji f hitung : f tabel adalah 0.595 < 3.15, sehingga dengan kata lain nilai uji f lebih kecil dari f tabel. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut tidak signifikan dengan taraf signifikan sebesar 1%, dengan demikian hipotesis kedua tidak terbukti. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya hubungan yang positif antara kedisiplinan shalat dhuha dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis korelasi linier gandadengan nilai uji f hitung : f tabel adalah 0.782 < 3.15, sehingga dengan kata lain nilai uji f lebih kecil dari f tabel. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut tidak signifikan dengan taraf signifikan sebesar 2,46%, dengan demikian hipotesis ketiga tidak terbukti.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs.Tawil,M.Pd., Kons(0008015701)dan Septiyati Purwandari, M.Pd (0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplianan Shalat Dhuha, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 03:10 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 03:10 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/562 |
Actions (login required)
View Item |