PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA

Novitasari, Yesy Eriska (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0119 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0119 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0119 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0119 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas II SD Negeri Sawitan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Penelitian ini termasuk true experimental design atau eksperimen murni. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Sawitan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, terdiri dari 20 siswa kelas A yang mendapatkan treatment dengan metode pembelajaran talking stick, dan 20 siswa kelas B yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes. Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar IPA di hitung menggunakan Independent Sample t test dengan bantuan SPSS versi 22.0 for Windows. Berdasarkan pengujian didapatkan nilai thitung sebesar 3,157 dengan ttabel sebesar 0,413 (thitung > ttabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,003 (signifikansi < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara nilai posttest pada kelompok eksperimen (metode pembelajaran talking stick) dan nilai posttest kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Kesimpulannya metode pembelajaran talking stick memberikan pengaruh yang lebih besar atau signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd.(0007085701) dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd.(0605078801)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Talking Stick, Prestasi Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:39
Last Modified: 23 Sep 2019 02:39
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item