PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL AND INTELLECTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS 2 SD

Sari, Kurnia Maya Gupita (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL AND INTELLECTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS 2 SD. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0098 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0098 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0098 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0098 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar Matematika dengan model pembelajaran Somatic Auditory Visual And Intellectual (SAVI) pada siswa kelas 2 SD Negeri Wonogiri Kajoran Kabupaten Magelang. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan III siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas II yang berjumlah 36 siswa. Populasi penelitian ini adalah 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. variabel penelitian menggunakan 2 variabel yaitu Hasil belajar Matematika dan model Somatic Auditory Visual And Intellectual. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan, pendekatan SAVI dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun datar. Hal ini dibuktikan data dari kondisi awal sampai siklus III. Pada kondisi awal persentase ketuntasan siswa mencapai 45,44%. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa mencapai 85,56%, dengan persentase proses pembelajaran guru 75,11% dan siswa 75,75%. Pada siklus II, persentase ketuntasan siswa mencapai 85,11%, dengan persentase proses pembelajaran guru 85,38% dan siswa 85,57%. Dan pada siklus III, persentase ketuntasan siswa mencapai 90,67%, dengan persentase proses pembelajaran guru 90,25% dan siswa 90,57%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Rasidi, M.Pd (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, MATEMATIKA, Somatic Auditory Visual And Intellectual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:46
Last Modified: 19 Sep 2019 04:46
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item