Rafida, Hasna (2018) STUDI TENTANG BUDAYA MEMBACA SEBAGAI PENANAMAN KARAKTER RASA INGIN TAHU PADA SISWA (Penelitian pada Siswa di SD N Giriwetan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF
14.0305.0070_Cover+Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 5, Daftar Pustaka.pdf Download (895kB) | Preview |
|
PDF
14.0305.0070_Cover+Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
||
PDF
14.0305.0070_Cover+Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF
14.0305.0070_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tentang studi budaya membaca sebagai penanaman karakter rasa ingin tahu ada siswa di SD N Giriwetan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang menghasilkan data terhadap fenomena sosialtertentu yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variable yanglain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana variabel bebas(pengaruh) adalah budaya membaca, sedangkan variabel terikat (terpengaruh) adalah karakter rasa ingin tahu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian siswa adalah seluruhsiswa di SD N Giriwetan. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rasa ingin tahu terhadap suatu objek dapat menimbulkan ketertarikan pada sesuatu. Ketertarikan yang dimiliki oleh seseorang akan menimbulkan rangsangan atau gairah agar mencari tahu lebih lanjutterhadap apa yang ingin diketahuinya salah satunya melalui membaca. Bila rasa ingin tahunya tinggi maka siswa akan selalu berusaha untuk mendapatkan bahan bacaan guna memenuhi kebutuhan rasa ingin tahunya. Adanya upaya penanaman kebiasaan budaya membaca di SD N Giriwetan dengan menerapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Adapun implementasinya yaitu membaca senyap selama 30 menit setiap hari sabtu untuk seluruh siswa beserta guru di SD N Giriwetan.Sehingga dengan pembiasaan membaca yang bisa menjadi sebuah budaya tersebut maka dapat menanamkan pendidikan karakter rasa ingin tahu pada siswa di SD N Giriwetan
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Additional Information: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si. dan Rasidi, M.Pd. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Budaya Membaca, Penanaman Karakter Rasa Ingin Tahu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya KIM |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 06:51 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 06:51 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/54 |
Actions (login required)
View Item |