PENERAPAN IMPROVING LEARNING METHOD DENGAN TEKNIK INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Melati, Arum Puspa (2017) PENERAPAN IMPROVING LEARNING METHOD DENGAN TEKNIK INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0088_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (773kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0088_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0088_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0088_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Improving Learning Method dengan teknik inkuiri dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V di SD Negeri Kemirirejo 3 Kota Magelang. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan menggunakan dua sampel kelas (kontrol dan eksperimen) yang digunakan untuk penelitian. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas V dengan jumlah 62 siswa, 31 siswa kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan Improving Learning Method dengan teknik inkuiri dan 31 siswa kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes (pretest – posstest) dan lembar pengamatan psikomotorik dan afektif siswa. Metode analisis data menggunakan uji statistik non parametrik dengan Mann-Whitney. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa penerapan Improving Learning Method dengan Teknik Inkuiri secara positif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai rata – rata posttest kelas eksperimen 87,4 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 82,7, selisih 4,7. Peningkatan (gain) hasil belajar kelas eksperimen 0,55 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,10 kategori rendah. Hasil penilaian psikomotorik dan afektif menunjukkan hasil yang baik, dibuktikan dengan banyak siswa mendapatkan predikat sangat baik yaitu 80% pada penilaian psikomotorik dan 54% pada penilaian afektif saat mengikuti proses pembelajaran menggunakan penerapan Improving Learning Method dengan Teknik Inkuiri.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si., Psi.(0614107401) dan Ari Suryawan,M.Pd.(0618128801)
Uncontrolled Keywords: Improving Learning Method dengan Teknik Inkuiri, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:59
Last Modified: 19 Sep 2019 03:59
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item