PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN BERWAWASAN LINGKUNGAN TERHADAP KECERDASAN NATURALISTIK

Munazillah, Anis Fatihatul (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN BERWAWASAN LINGKUNGAN TERHADAP KECERDASAN NATURALISTIK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0087 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0087 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0087 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0087 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA dengan pendekatan berwawasan lingkungan terhadap kecerdasan naturalistik pada siswa kelas V SD IT Muhammadiyah Bandongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuasi (Quasi Experimental Design) dengan model pretest posttest control group design. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel yang diambil sejumlah 36 siswa dengan 18 siswa pada kelas eksperimen dan 18 siswa pada kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kecerdasan naturaistik. Proses pengujian validitas angket dilakukan dengan validitas ahli dan validitas menggunakan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00 dengan rumus korelasi product moment sementara proses pengujian reliabilitas juga menggunakan bantuan program yang sama dengan rumus cronbach alpha. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan berwawasan lingkungan berpengaruh signifikan terhadap potensi kecerdasan naturalistik siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test pada kelompok eksperimen dengan nilai probabilitas sig. (2- tailed) 0,040<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket posttest kecerdasan naturalistik antara kelompok eksperimen sebesar 67,55 sedangkan kelompok kontrol sebesar 62,95. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan berwawasan lingkungan berpengaruh positif terhadap kecerdasan naturalistuk siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M. Si (0012045601) dan Dhuta Sukmarani, M. Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: IPA , pendekatan berwawasan lingkungan, kecerdasan naturalistik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:48
Last Modified: 19 Sep 2019 03:48
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item