PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP PENGUATAN KONSEP DIRI POSITIF

Pratiwi, Aslamia (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP PENGUATAN KONSEP DIRI POSITIF. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0085_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (986kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0085_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0085_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0085_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menerapkan secara langsung pembelajaran berbasis multiple intelligence di kelas untuk menguatkan konsep diri positif siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multiple intelligence terhadap penguatan konsep diri positif pada siswa kelas III di SD Negeri Banyurojo 1, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pada desain quasy experiment, khususnya pola one group pretest posttest design. Penelitian ini terdiri atas 1 variabel bebas yaitu pembelajaran berbasis multiple intelligence (X) dan 1 variabel terikat yaitu konsep diri positif (Y). Pembelajaran berbasis multiple intelligence diterapkan di kelas III SD Negeri Banyurojo 1 yang berjumlah 30 siswa dengan total/jenuh sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Data penelitian yang dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan paired sampel t test. Hasil analisis paired sampel t test menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multiple intelligence berpengaruh terhadap penguatan konsep diri positif siswa kelas III di SD Negeri Banyurojo 1. Hal ini dibuktikan dangan nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,000. Berdasarkan hasil analisis, nilai signifikansi kurang dari 0,05 dan t hitung (-24,572) yang lebih besar dari t tabel (2,045) menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multiple intelligence berpengaruh signifikan terhadap penguatan konsep diri positif siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si.(0012045601) dan Rasidi M.Pd. (0620098801)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis multiple intelligence, penguatan konsep diri positif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:48
Last Modified: 19 Sep 2019 03:48
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item