PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS IV SD

Zulaikhah, Ika (2017) PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS IV SD. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0084_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0084_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0084_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0084_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) terhadap prestasi belajar IPA peserta didik. Difokuskan pada materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Penggolongan Hewan berdasarkan Jenis Makanan kelas IV SD Negeri Pandean I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre Experimental One Group Pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SD Negeri Pandean 1 yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling dengan jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yaitu 21 peserta didik kelas IV SD Negeri Pandean 1. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes prestasi belajar. Uji validitas soal tes prestasi belajar dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Analisis data menggunakan teknik non parametrik yaitu Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perubahan rata-rata skor prestasi belajar antara sebelum diberikan perlakuan yaitu sebesar 58,4 dan sesudah diberikan perlakuan sebesar 83,7. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Tria Mardiana, M.Pd, (0603039002)
Uncontrolled Keywords: model Numbered Head Together, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:47
Last Modified: 19 Sep 2019 03:47
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item