Herdiyanti, Yenita (2017) PENGEMBANGAN MODUL BELAJAR SISWA BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN IPS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0072_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (830kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0072_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0072_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0072_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan modul belajar siswa berbasis teori multiple intelligences pada mata pelajaran IPS yang dapat digunakan dalam pembelajaran. (2) mengetahui kelayakan modul belajar siswa berbasis teori multiple intelligences pada mata pelajaran IPS berdasarkan penilaian oleh ahli modul, ahli materi, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadopsi model pengembangan milik Sugiyono, yaitu : menggali potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji pemakaian, dan revisi produk. Subyek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari : 2 ahli modul, 2 ahli materi, dan 21 siswa kelas V SD Negeri Blondo 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket (lembar penilaian untuk expert judgement dan siswa). Adapun metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) modul belajar siswa berbasis teori multiple intelligences pada mata pelajaran IPS untuk kelas V SD telah dikembangkan melalui sembilan tahap dan dapat digunakan dalam pembelajaran. (2) modul belajar siswa berbasis teori multiple intelligences pada mata pelajaran IPS untuk kelas V SD telah teruji kelayakannya oleh para ahli dan siswa. Hasil kelayakan oleh ahli modul diperoleh skor rerata sebesar 3,4 dengan kriteria sangat baik. Kelayakan modul oleh ahli materi diperoleh skor rerata sebesar 3,3 dengan kriteria sangat baik. Kelayakan modul oleh siswa pada uji coba produk diperoleh persentase sebesar 87,3% dengan kategori sangat layak. Kelayakan oleh siswa pada uji pemakaian diperoleh persentase sebesar 95,9% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian tersebut membuktikan bahwa modul belajar siswa berbasis teori multiple intelligences pada mata pelajaran IPS untuk kelas V SD layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons. (0002086001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd.(0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Modul Belajar, Multiple Intelligences, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 03:40 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 03:40 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/531 |
Actions (login required)
View Item |