PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Riastutik, Feny (2017) PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0066_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0066_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0066_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media boneka tangan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V SD N 1 Mangunrejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SD N 1 Mangunrejo. Sampel yang digunakan berjumlah 35 siswa pada kelas V SD N 1 Mangunrejo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan observasi untuk aktifitas dan sikap siswa selama pembelajaran. Penelitian eksperimen ini terdiri dari pengukuran awal, perlakuan dan pengukuran akhir. Metode analisis data menggunakan statistik parametrik dengan bantuan program komputer software SPSS 22.00 for windows. Uji statistik parametrik yang digunakan adalah paired sample t test. Hasil perhitungan rata-rata pretest sebesar 55,89 dan rata-rata posttest sebesar 63,17. Peningkatan rata-rata pretest dan posttest adalah 7,28. Hasil analisis data dengan paired sample t test diketahui bahwa nilai t hitung adalah - 5,79 dengan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05. Ada peningkatan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan media boneka tangan, karena nilai posttest lebih tinggi dibanding nilai pretest. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah media boneka tangan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahas indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons,(0002086001) dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi (0606018701)
Uncontrolled Keywords: media boneka tangan, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:39
Last Modified: 19 Sep 2019 03:39
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item