PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Kurniawati, Diah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0060 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0060 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0060 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0060 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap minat baca siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Jambu Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalen Control Group Design dengan satu perlakuan. Subjek penelitian ini dipilih secara total sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 45 siswa. Kelompok eksperimen terdiri dari 22 siswa yang diberi perlakuan (penggunaan model pembelajaran snowball throwing) dan kelompok kontrol terdiri dari 23 siswa yang tidak diberi perlakuan. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel terikat yang berupa minat baca siswa pada mata pelajaran IPS, serta variabel bebas yang berupa model pembelajaran snowball throwing. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket minat baca siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis parametric one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berpengaruh terhadap minat baca siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol. Perbedaan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berpengaruh terhadap meningkatnya minat baca siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Jambu Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Muhammad Japar, M.Si.Kons. (0012096606) dan M.A. Noviudin Pritama, M.Pd. (0625118801)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca Siswa, Mata Pelajaran IPS, Model Pembelajaran Snowball Throwing
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:35
Last Modified: 19 Sep 2019 03:35
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item