PENGARUH METODE CIRC TERHADAP PENGUASAAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA PENDEK BAHASA INDONESIA PADA SISWA

Saputri, Melisa Dwi (2017) PENGARUH METODE CIRC TERHADAP PENGUASAAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA PENDEK BAHASA INDONESIA PADA SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0059_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (784kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0059_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0059_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0059_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode CIRC (cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Penguasaan Ketrampilan Membaca Cerita Pendek Bahasa Indonesia Pada Siswa kelas II SD Negeri Jurangombo 2 Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen pada desain one group pretest posttest. Penelitian ini terdiri atas 1 variabel bebas yaitu metode CIRC (cooperative Integrated Reading and Composition) (X) dan 1 variabel terikat yaitu Keterampilan membaca cerita pendek (Y). Subjek penelitian ini adalah kelas II SD Negeri Jurangombo 2 dengan jumlah siswa 25. Teknik sampling menggunakan simpel random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi, tes dan dokumenter. Analisis data menggunakan one group pretest posttest design Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan one sampel t test, bahwa metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berpengaruh terhadap keterampilan membaca cerita pendek Bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri Jurangombo 2 pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Nilai signifikan 0,076 karena nilai signifikansi lebih dari 0,05 dapat disimpulkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membabaca cerita pendek Bahasa Indonesua siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si (0012045601) dan Tria Mardiana M.Pd(0603039002)
Uncontrolled Keywords: Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), Keterampilan Membaca Cerita Pendek
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:34
Last Modified: 19 Sep 2019 03:34
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item