EFEKTIFITAS MEDIA MONOPOLI CERDAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Khoiriyah, Erin (2017) EFEKTIFITAS MEDIA MONOPOLI CERDAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0038 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0038 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0038 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0038 _ FULLTETX.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas media monopoli cerdas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Desain dengan sampel penelitian siswa kelas IVA SD Banyakan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan media Monopoli cerdas Ilmu Pengetahuan Sosial materi Koperasi dan siswa kelas IVB SD Banyakan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa menggunakan model dan media konvensional. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas dengan membandingkan nilai pretest dan posttest, analisis ini digunakan untuk mengetahui peningkatan yang terjadi setelah treatment diberikan dan uji- t atau t-test dengan membandingkan nilai posstest kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui Efektivitas media monopoli cerdas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil analisis perhitungan uji-t menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05 (0,000< 0,05). Sedangkan nilai thitung didapat sebesar 5,596. Hasil tersebut menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian menunjukan bahwa terdapat hasil yang berdeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah di berikan perlakuan (treatment) dengan menggunakan media Monopoli cerdas.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si.(0611098203) dan M A Noviudin Pritama M.Pd.(0625118801)
Uncontrolled Keywords: Media Monopoli Cerdas,Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:18
Last Modified: 19 Sep 2019 03:18
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item