PENGARUH METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PELESTARIAN ALAM TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR

Sari, Ikha Yunita Kartika (2017) PENGARUH METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PELESTARIAN ALAM TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0035_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (830kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0035_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0035_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0035_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi pelestarian alam kelas III SD Negeri Bandongan 1 Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest dengan subjek penelitian siswa kelas III SD N Bandongan 1 Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t paired sample dengan membandingkan nilai pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 22.00 for windows. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah metode mind mapping berpengaruh secara positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi pelestarian alam siswa kelas III SD Negeri Bandongan 1 Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode mind mapping. Rata-rata nilai pretest sebelum perlakuan adalah 60,80, sedangkan nilai posttest sesudah diberi perlakuan yaitu 86,20. Peningkatan prestasi belajar IPA materi pelestarian alam dapat dilihat dari hasil uji t paired sample yang menunjukkan nilai signifikasi 0,000 (kurang dari 0,05). Hal tersebut berarti ada peningkatan prestasi belajar IPA materi pelestarian alam yang signifikan setelah dilakukan treatment, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping berpengaruh secara positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi pelestarian alam.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan Ahmad Syarif, M.Or.(0630038903)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Prestasi Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:15
Last Modified: 19 Sep 2019 03:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item