Inayah, Zumrotul (2017) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KARCA TERHADAP PEMAHAMAN PECAHAN MATEMATIKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0033 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (752kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0033 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0033 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0033 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajran model Teams Games Tournament berbantuan media karca terhadap pemahaman pecahan Matematika siswa kelas IV SD N Banyakan. Pokok bahasan yang diajarkan yaitu bentuk pecahan, mengurutkan pecahan, pecahan senilai, menyederhanakan pecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan Nonequivalent Control Group Design, dimana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Banyakan kelas IV tahun ajaran 2016/2017. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas IV B sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling yang jenisnya Sampling Jenuh. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes yang terdiri dari 29 soal berbentuk pilihan ganda. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorov- Smirnov dan uji Levene Statistic, diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Teams Games Tournament berbantuan media karca terhadap pemahaman pecahan Matematika. Hal tersebut ditunjukan dengan melihat hasil analiis dari uji Mann Witney yaitu diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada pengukuran akhir dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,008 , dengan nilai signifikasi 0,05, dimana 0,008 0,05 maka diterima dan maka terdapat pengaruh model Teams Games Tournament berbantuan media karca terhadap pemahaman pecahan Matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.Kons (0002086001) dan Tria Mardiana, M.Pd. (0603039002) |
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament, media karca, pemahaman pecahan Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 03:12 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 03:12 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/517 |
Actions (login required)
View Item |