PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA MINDMAPP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS

Prasetyo, Andi (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA MINDMAPP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0031_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (927kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0031_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0031_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0031_FULTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif dengan media mindmapp terhadap peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Tanjunganom, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian pra eksperimen, dengan desain The One Grup Pretest-Posttest Design, dengan melakukan 6 kali pertemuan, yaitu dengan diberikan perlakuan melalui pembelajaran didalam kelas. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa yang memiliki hasil belajar IPS rendah. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa teknik yang digunakan yaitu teknik total sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Uji instrumen menggunakan uji validasi dan uji reliabilitas. Sedangkan analisis data menggunakan uji t. Kesimpulan hasil penelitian adalah pembelajaran kooperatif dengan media mindmapp berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS pada pokok bahasan penggunaan uang siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Tanjunganom, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Dengan bukti, skor pretest 66,5, sedangkan skor posttest 75,7. Data dilakukan uji prasyarat dengan normalitas dan homogenitas yang hasilnya normal dan homogen. Berdasarkan analisis terdapat perbedaan rata-rata pretest sebelum diberikan perlakuan. Diperoleh nilai t-hitung sebesar 1,609 lebih kecil dari t tabel 2,086 dengan nilai sig. 0.123>0.05 berarti signifikan dan dapat dikatakan terdapat pengaruh.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M. Pd.,Kons.(0008015701) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd.(0624118801)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Pembelajaran kooperatif, Media Mindmapp
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:11
Last Modified: 19 Sep 2019 03:18
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item