Irawati, Irawati (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0016 _ BAB I _ BAB II _ BAB II _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (546kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0016 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0016 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0016 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) pada pembelajaran Matematika terhadap peningkatan hasil belajar kelas IV SD Negeri Mertoyudan 3 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mertoyudan 3 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 34 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik non-parametrik atau dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 22 for windows. Kesimpulan hasil penelitian bahwa ada pengaruh model kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri Mertoyudan 3 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2016 / 2017. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata nilai pretest dan posstest dari 33,0 menjadi 66,97. Peningkatan hasil belajar Matematika materi bangun ruang, simetris, dan pencerminan dapat dilihat dari hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05). Hal ini berarti ada peningkatan hasil belajar Matematika materi bangun ruang, simetris, dan pencerminan yang signifikan setelah dilakukan perlakuan (treatment), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) terhadap hasil belajar Matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons. (0008015701) dan Ela Minchah L.A M.Psi.Psi.(0606018701) |
Uncontrolled Keywords: | teams games tournaments, hasil belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:45 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 02:45 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/511 |
Actions (login required)
View Item |