PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING DENGAN MEDIA ADIK SIMBA TERHADAP KETERAMPILAN DIALOGIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANDUNGAN 01 KABUPATEN SEMARANG

Gunarweni, Aditya Nur Rahmawati (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING DENGAN MEDIA ADIK SIMBA TERHADAP KETERAMPILAN DIALOGIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANDUNGAN 01 KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF
14.0305.0077_Cover+Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 5, Daftar Pustaka.pdf

Download (789kB) | Preview
[img] PDF
14.0305.0077_Cover+Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] PDF
14.0305.0077_Cover+Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF
14.0305.0077_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Bamboo Dancing dengan media adik simba terhadap keterampilan dialogika siswa kelas IV SD Negeri Bandungan 01 Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan model Nonequivalen Control Group Design. Subjek penelitian tidak dipilih secara acak melainkan sudah dalam bentuk satu kelas utuh. Sampel yang dipilih sebanyak 48 siswa terdiri dari 26 kelompok eksperimen dan 22 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes lisan. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment dan validitas konstruk dengan meminta pendapat ahli, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji paired sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Bamboo Dancing yang berbantuan dengan media Adik Simba berpengaruh terhadap keterampilan dialogika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Uji Paired Sample T-Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor pretest dan posttest kelompok eksperimen yang semula 49,0 menjadi 79,7. Sedangkan pada kelompok kontrol semula 46,7 menjadi 75,5. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Bamboo Dancing yang berbantuan media Adik Simba berpengaruh positif terhadap keterampilan dialogika siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi..dan Arif Wiyat Purnanto M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: model Bamboo Dancing, media Adik Simba, keterampilan dialogika
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:44
Last Modified: 16 Apr 2019 03:44
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item