PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA

Arfiyanti, Barokatus Tsani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0014_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (770kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0014_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0014_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0014_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model snowball throwing pada pembelajaran IPA terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Banyakan. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan desain pretest-posttest control group desain, kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih secara random. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Banyakan, dengan sampel kelas IV B sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 sedangkan kelas IV A sebagai kelompok kontrol berjumlah 22 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa model snowball throwing serta variabel terikat berupa hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yaitu tes. Tes hasil belajar IPA ranah kognitif menggunakan tes pilihan ganda (pretest-posttest). Hasil post test dianalisis menggunakan uji normalitas kolmogorov smirnov dan homogenitas leneve statistic, yang menunjukkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan independent sample t test, diperoleh hasil post test kelompok eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan 0,032 < 0,05. Kesimpulan hasil penelitian adalah model snowball throwing berpengaruhterhadap peningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Banyakan dengan bukti bahwa terdapat perbedaannilai post test yang signifikan antara kelompok eksperimen sebesar 81,48 dan kelompok kontrol sebesar 77,18.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan Ela Minchah, LA, M.Psi., Psi.(0606018701)
Uncontrolled Keywords: Model Snowball Throwing, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:43
Last Modified: 19 Sep 2019 03:06
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item