PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Ramadhani, Anindya Fajar (2017) PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0304.0013_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0013_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0013_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0013_FULTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Numbered Heads Together terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Design penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Dengan menggunakan sampel kelas yang digunakan untuk penelitian. Subjek penelitian yang diambil adalah 33 siswa kelas V SD Negeri Banyurojo 1 Magelang yang mendapat perlakuan berupa model Numbered Heads Together. Ada dua variabel yang digunakan yaitu variable bebas yang berupa model Numbered Heads Together dan variabel terikat yang berupa prestasi belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Metode analisis data menggunakan uji statistic non parametik dengan bantuan program komputer software SPSS 21 For Windows yaitu wilcoxon Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Numbered Heads Together berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri Banyurojo 1 Magelang tahun pelajaran 2017 / 2018. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest. Pretest sebelum perlakuan adalah 69,06, sedangkan posttest sesudah diberi perlakuan adalah 90,21 . Peningkatan selisih pretest dan posttest yaitu 21,15.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd, (0007085701) dan Ela Minchah, LA,M.Psi., Psi,(0606018701)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:35
Last Modified: 19 Sep 2019 02:35
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item