PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU TERPADU TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN

Susanti, Indah (2017) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU TERPADU TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0010_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0010_BAB IV.xps - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0010_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0010_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Kartu Terpadu terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa tema Lingkungan. Penelitian dilaksanakan di kelas II SD Negeri Ngablak sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Kradenan 3 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Sampel penelitian kelas eksperimen berjumlah 19 siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Kartu Terpadu dan kelas kontrol berjumlah 19 siswa menggunakan model dan media konvensional. Teknik pengumpulan data observasi dan tes dengan analisis uji Mann Whitney. Kesimpulan hasil penelitian model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Kartu Terpadu berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa Tema Lingkungan. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis keaktifan diperoleh Asymp. Sig. 0,000 < 0,05 dengan U hitung (27) < U tabel (101) dan hasil belajar diperoleh Asymp. Sig. 0,000 < 0,05 dengan U hitung (0) < U tabel (101).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Galih Istiningsih (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning berbantuan Media Kartu Terpadu, Keaktifan, Hasil Belajar Tema Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:30
Last Modified: 19 Sep 2019 02:30
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item