Kurniasari, Endah (2018) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE MELALUI MEDIA PUZZLE BARSIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0183_Cover+Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 5, Daftar Pustaka.pdf Download (956kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0183_Cover+Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0183_Cover+Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0183_fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dengan menggunakan model think pair share melalui media puzzle barsia di kelas III SD Negeri 2 Bojonegoro. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan subyek penelitian siswa kelas III SD Negeri 2 Bojonegoro Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung dengan jumlah 14 siswa, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis aksara Jawa meningkat. Pada pra-siklus rata-rata persentasenya adalah 59%, siklus I pertemuan 1 rata-rata persentasenya adalah 63,3%, siklus I pertemuan 2 rata-rata persentasenya adalah 65,5%, siklus II pertemuan 1 rata-rata persentasenya adalah 68%, siklus II pertemuan 2 rata-rata persentasenya adalah 74%, siklus III pertemuan 1 rata-rata persentasenya adalah 78% dan siklus III pertemuan 2 rata-rata persentasenya adalah 86%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan persentase. Pada pra-siklus rata-rata persentasenya adalah 39,2%, siklus I pertemuan 1 rata-rata persentasenya adalah 51,4%, siklus I pertemuan 2 rata-rata persentasenya adalah 60%, siklus II pertemuan 1 rata-rata persentasenya adalah 57,1% siklus II pertemuan 2 rata-rata persentasenya adalah 72,1%, siklus III pertemuan 1 rata-rata persentasenya adalah 77,1% dan siklus III pertemuan 2 ratarata persentasenya adalah 84%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model think pair share melalui media puzzle barsia dalam pembelajaran bahasa Jawa dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas III SD Negeri 2 Bojonegoro Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Kata Kunci : Keterampilan Menulis Aksara Jawa, Media Puzzle Barsia Model, Think Pair Share
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Additional Information: | Dra. Indiati, M.Pd dan Galih Istiningsih, M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Aksara Jawa, Media Puzzle Barsia Model,Think Pair Share |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Sulistya KIM |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 03:25 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 03:25 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/50 |
Actions (login required)
View Item |