Syafi’i, Muchamad (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0001 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (612kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0001 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0001 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0001 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Quantum Teaching dengan multimedia pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Windusari. Peningkatan Hasil belajar IPA dalam penelitian ini yaitu hasil belajar aspek kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimen dengan desain one group pretest posttest dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Windusari 1 pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest). Analisis yang digunakan adalah uji t paired sample dengan membandingkan nilai pretest dan posttest. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Quantum Teaching dengan multimedia pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar IPA . Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Teaching dengan multimedia pembelajaran berpengaruh secara positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching dengan multimedia pembelajaran. Rata-rata nilai pretest sebelum perlakuan adalah 60,63 sedangkan nilai posttest sesudah diberi perlakuan yaitu 86,67. Peningkatan hasil belajar IPA tersebut dapat dilihat dari hasil uji t paired sample yang menunjukkan nilai sig = 0,000 lebih kecil dari dari 0,05. Hal tersebut berarti Ho ditolak dan Ha di terima sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching dengan multimedia pembelajaran berpengaruh secara positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd. Kons, (0008015701) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd,(0624118801) |
Uncontrolled Keywords: | Quantum Teaching, hasil belajar IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 02:25 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/499 |
Actions (login required)
View Item |