EFEKTIVITAS METODE INQUIRY BEBAS DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BARU

Utomo, Satriyo Budi (2017) EFEKTIVITAS METODE INQUIRY BEBAS DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BARU. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0189 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0189 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0189 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0189 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode inquiry bebas dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi baru pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ngargogondo Borobudur Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan empat tahap yaitu (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tidakan, (3) Pengamatan/Observasi, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Ma‟arif Ngargogondo Borobudur Kabupaten Magelang yang berjumlah 15 siswa. Variabel yang diteliti ada tiga, yaitu : variabel input, berupa keterampilan menulis puisi baru rendah; variabel proses, berupa efektivitas metode inquiri bebas dengan media gambar, dan variabel output, berupa hasil proses pemberian metode inquiri untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi baru dibandingkan dengan sebelumnya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes unjuk kerja. Data hasil observasi dan wawancara dianalisi secara deskriptif kualitatif dan data hasil tes unjuk kerja dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Persentase indikator keberhasilan diharapkan mencapai 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar dengan KKM 75. Metode inquiri bebas efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi baru siswa. Hal ini didukung hasil penelitian pra siklus menunjukkan hasil keterampilan menulis puisi baru dengan persentase 40%. Setelah dilakukan tindakan dengan metode inquiri bebas, kemampuan menulis puisi baru siswa pada siklus I telah mengalami peningkatan dibandingkan pada saat pra siklus. Ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 60%, yaitu pada pra siklus baru mencapai 40%, pada siklus I mencapai 73% dan pada siklus II menjadi 100%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Metode, Metode Inquiry Bebas, Media Gambar dan, Keterampilan Menulis Puisi Baru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:09
Last Modified: 19 Sep 2019 02:09
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item