PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN METODE SIMULASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA

Jati, Sukma Rahma (2017) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN METODE SIMULASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0158_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0158_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0158_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0158_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode demonstrasi dan metode simulasi terhadap hasil belajar IPA kelas III SD Muhammadiyah Pujotomo Mertoyudan. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan bentuk desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Muhammadiyah Pujotomo Mertoyudan yang berjumlah 13 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: variabel terikat berupa hasil belajar IPA, serta variabel bebas berupa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan angket. Perbedaan pengaruh metode demonstrasi dan metode simulasi terhadap hasil belajar IPA dihitung menggunakan metode Paired Sample t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan pengujian, didapatkan data uji-t posttest hasil belajar IPA dengan nilai t hitung sebesar 7,216 dan t tabel sebesar 2,200 (t hitung > t tabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 (signifikansi < 0,05) yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara nilai posttest pada kelas dengan menggunakan metode demonstrasi dan nilai posttest pada kelas dengan menggunakan metode simulasi dan pengaruhnya lebih besar pada kelas dengan menggunakan metode simulasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode simulasi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M. Si. (0012045601) dan Tabah Subekti, M.Pd (0601118402)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Metode Simulasi, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:53
Last Modified: 19 Sep 2019 01:53
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item