PENGARUH APERSEPSI FUN STORY TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA(Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tegalmiring Purworejo)

Nugroho, Wahyu Tri (2017) PENGARUH APERSEPSI FUN STORY TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA(Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tegalmiring Purworejo). Other thesis, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0001_Cover, Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III, Bab V, Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0001_Cover dan Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0001_Cover dan Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0001_FULTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh apersepsi fun storyterhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalmiring Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Desain Penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subyek penelitian yang di ambil dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa, dengan diberikan perlakuan melalui apersepsi fun story. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistic non parametric dari program SPSS versi 23.00 windows dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rang Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan peningkatan motivasi belajar matematika sebelum dan setelah diberikan perlakuan melalui pemberian apersepsi fun story. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian angket motivasi belajar matematika dengan skor rata-rata pretest sebesar 61,05 dan diperolah skor posttest sebesar 71,57 yang memiliki selisish skor pretest dan posttest sebesar 10,5 dengan peningkatan rata-rata 17%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pemberian apersepsi fun story dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalmiring Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Pd. dan Ela Minchah L.A, M.Psi.Psi. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Apersepsi Fun Story, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Soffa KIM
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:17
Last Modified: 16 Apr 2019 03:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item