Khasanah, Siti Karimatul (2017) PENGARUH METODE PERKALIAN BERSUSUN RINGKAS TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
12.0305.0165 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
12.0305.0165 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
12.0305.0165 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
12.0305.0165 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode perkalian bersusun ringkas terhadap peningkatan penguasaan materi perkalian siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1. Manfaat penelitian ini secara teoritis dapat memberikan informasi terkait pengaruh metode perkalian bersusun ringkas terhadap peningkatan penguasaan materi perkalian siswa kelas IV. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian eksperimen dengan jenis Control Group Pretest Postest Design dengan memberikan pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa yang terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 23 siswa dan kelompok kontrol 22 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang berupa soal uraian dan lembar observasi aktivitas siswa dalam penggunaan metode perkalian bersusun ringkas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis N – Gain, lilliefors dan Homogenity of Variance. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah metode perkalian bersusun ringkas berpengaruh secara positif terhadap peningkatan penguasaan materi perkalian siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penghitungan uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan penguasaan materi perkalian siswa sebelum dan sesudah perlakuan dan terdapat perbedaan penguasaan materi antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dilihat dari nilai rata – rata postes, rata – rata postes kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol, yaitu 84,70 > 69,45. Maka hipotesis yang dirumuskan bahwa metode perkalian bersusun ringkas berpengaruh secara positif terhadap peningkatan penguasaan materi perkalian kelas IV diterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd (0008015701) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | metode perkalian bersusun ringkas, penguasaan materi siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 02:51 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 02:51 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/482 |
Actions (login required)
View Item |