PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARTUN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS

Wigati, Asti (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARTUN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0146_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0146_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0146_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0146_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar kartun terhadap hasil belajar IPS. Hasil belajar merupakan proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilakunya. Perubahan itu diperoleh melalui usaha (bukan karena kematangan), menetap dalam waktu yang relatif lama dan merupakan hasil pengalaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kataan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest). Analisis yang digunakan uji t (paired sampel t-test). Hasil penelitian ini adalah penggunaan media gambar kartun berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberi media gambar kartun. Rata-rata nilai pretest sebelum menggunakan media gambar kartun adalah 51.30, sedangkan nilai posttest sesudah perlakuan yaitu 73.84. Peningkatan hasil belajar IPS tersebut dilihat dari hasil uji t paired sample yang menunjukkan nilai signifikasi = 0,000 (kurang dari 0,05) dan besar dari thitung =- 10,079 (tanda “minus nmenunjukan ada yang beda) lebih besar dari ttabel yaitu 2,063. Hal tersebut berarti ada peningkatan hasil belajar IPS yang signifikasi setelah dilakukan treatment, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengggunaan media gambar kartun berpengaruh secara positif terhadap peningkatan hasil belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.Pd, Kons. (0002086001) dan Dhuta Sukmarani, M.Si.(0609088701)
Uncontrolled Keywords: media gambar kartun, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:47
Last Modified: 17 Sep 2019 02:47
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item