Hartati, Sofia Aprilia (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV MELALUI METODE THINK-PAIR SHARE. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0143 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0143 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0143 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0143 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui
penerapan metode think-pair share pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Kramat 2 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017.
Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas IV SDN Kramat 2 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 yang
berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode think-pair share
dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan
dengan persentase ketuntasan klasikal dari sebelum tindakan dengan setelah
tindakan mengalami peningkatan menjadi 100%. Berdasarkan hal tersebut dapat
disimpulkan bahwa melalui penerapan metode think-pair share dapat
meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Kramat 2 Magelang
Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, S.Psi,M.Si (0611098203) dan Tabah Subekti, M.Pd,(0601118402)
Uncontrolled Keywords: Metode Think-Pair Share, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:45
Last Modified: 17 Sep 2019 02:45
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item