PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Handayani, Tutik (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA INGGRIS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0130_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0130_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0130_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0130_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap peningkatan kemampuan menulis kosakata bahasa inggris pada siswa kelas III SD Negeri Kemirirejo 3 Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen murni (True Experiment Design) dengan desain penelitian eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Pada desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok kontrol yang diambil dari kelas III B sebanyak 33 siswa dan kelompok eksperimen yang diambil dari siswa kelas III A sebanyak 33 siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Kemirirejo 3 Magelang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, yang mengambil sampel dari seluruh jumlah populasi yang ada. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 66 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis pada ranah kognitif. Metode analisis data yang digunakan adalah uji anova (analysis of variance). Hasil penelitian dari pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap peningkatan kemampuan menulis kosakata bahasa inggris, dihitung menggunakan uji Anova melalui teknik One-way Anova dengan bantuan pogram SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan nilai fhitung sebesar 31,018 dengan ftabel sebesar 3,991(fhitung >ftabel ) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 (Signifikansi < 0,05) yang artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest pada kelompok kontrol posttest pada kelompok eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis kosakata bahasa inggris pada siswa kelas III SD Negeri Kemirirejo 3 Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons.(0012096606) dan M A Noviudin Pritama, M.Pd (0625118801)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif make a match, kemampuan menulis, kosakata bahasa inggris.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:39
Last Modified: 17 Sep 2019 02:39
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item