PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN

Elidiyana, Rini (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0030 _ BAB I _ BA II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0030 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0030 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0030 _ FULLTETX.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran project based learning terhadap peningkatann hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen murni (True Experiment Desain). Dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain dengan menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Payaman 2 dan SD Negeri Jambewangi. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa dari SD Negeri Payaman 2 sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa dari SD Negeri Jambewangi sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observas psikomotorik. Analisis data menggunakan uji-t dan dilakukan dengan bantuan program SPSS (Statistic Product and Service Solution). Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Project Based Learning berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai thitung sebesar 2,675 ttabel 1.729 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,011 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi pada pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil,M.Pd,.Kons (0008015701)
Uncontrolled Keywords: project based learning, hasil belajar, seni budaya dan keterampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:01
Last Modified: 17 Sep 2019 02:01
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item