Bintara, Aditya Catur (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
120305.0020 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (545kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
120305.0020 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
120305.0020 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
120305.0020 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran aktif tipe quiz team berbantuan question card terhadap peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Integratif Dukun. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh terdiri dari 24 siswa kelas IV yang mendapat treatment berupa pembelajaran aktif tipe quiz team berbantuan question card. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest). Analisis yang digunakan adalah uji t paired sample dengan membandingkan nilai pretest dan posttest. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran aktif tipe quiz team berbantuan question card terhadap peningkatan hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran aktif tipe quiz team berbantuan question card berpengaruh secara positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa materi sumber daya alam. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode pembelajaran aktif tipe quiz team berbantuan question card. Rata-rata nilai pretest sebelum perlakuan adalah 71,04, sedangkan nilai posttest sesudah diberi perlakuan yaitu 87,58. Peningkatan hasil belajar siswa materi sumber daya alam tersebut dapat dilihat dari uji t paired sample yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05). Hal tersebut berarti ada peningkatan yang signifikan pretest dan posttest setelah dilakukan treatment. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran aktif tipe quiz team berbantuan question card berpengaruh secara positif terhadap peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd., Kons. (0008015701) dan Astuti Mahardika, M.Pd. (0626118702) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team, Question Card, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 03:11 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 03:11 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/460 |
Actions (login required)
View Item |