PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERBANTUAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA

Isti Andriani, Khikmawati (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERBANTUAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0116_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0116_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0116_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0116_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbantuan media berbasis komputer terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Banaran. Desain penelitian ini adalah Control Group Pre-Test And Post-Test Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah 53 siswa dengan 25 siswa kelas IV A dan kelas IV B. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar dan lembar angket respon siswa. Pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbantuan media berbasis komputer terhadap peningkatan hasil belajar siswa dihitung menggunakan metode Independent Sampel T Test dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbantuan media berbasis komputer berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Banaran tahun pelajaran 2016/2017. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest. Pretest kelompok eksperimen sebelum perlakuan adalah 56,7, sedangkan posttest sesudah perlakuan adalah 80,5. Pretest kelompok kontrol sebelum pembelajaran kovensional adalah 59,2, sedangkan hasil posttest 70,8. Hasil posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terbukti lebih tinggi kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbantuan media berbasis komputer dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran kovensional.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.S.Kons(0002086001) dan Dhuta Sukmarani, M.Si.(0609088701)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Pendekatan Pembelajaran SAVI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:56
Last Modified: 06 Sep 2019 03:56
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item