Mahpudin, Mahpudin (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIDATO. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0094 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0094 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0094 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0094 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Al
Firdaus Ngasem, Mertoyudan, Magelang. Yang berjumlah 30 siswa. Desain
penelitian ini mengacu pada Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Mc
Taggart yang meliputi 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2)
observasi, dan 3) catatan lapangan. Teknik analisis data statistik deskriptif
digunakan untuk mencari data kuantitatif yaitu nilai rata-rata, sedangkan analisis
deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi hasil
pembelajaran.
Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat
disimpulkan sebagai berikut: pertama, kemampuan berpidato siswa kelas IV B
SD Islam Al Firdaus Magelang tahun pelajaran 2016/2017 meningkat setelah
mengikuti pembelajaran kompetensi dasar berpidato dengan menggunakan
pendekatan whole language. Peningkatan itu terlihat dari perubahan nilai rata-rata
dari siklus I ke siklus II sebesar 12,24. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh
sebesar 65,27 dan peningkatan pada siklus II sebesar 81,57. Peningkatan hasil
keterampilan berpidato pada siklus I sebesar 7,86 dan pada siklus II meningkat
sebesar 83,28. Kedua, siswa mengalami perubahan perilaku setelah mengalami
pembelajaran berpidato dengan menggunakan pendekatan whole language.
Perubahan perilaku tersebut tampak pada suasana kelas yang lebih hidup dan
menantang siswa untuk berkompetensi maju berpidato didepan kelas pada saat
pembelajaran siklus II. Potensi siswa tampak dikerahkan untuk tampil berpidato
sebaik mungkin didepan teman-temannya.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs.Tawil,M.Pd.,Kons.(0008015701) dan Rasidi, M.Pd.(0620098801)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpidato,Model Pendekatan Whole Language,SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:44
Last Modified: 30 Jan 2025 01:20
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item