PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBANTU MEDIA ZETA (PUZZLE PETA) TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN IPAS (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Islam Al-Iman Kota Magelang)

Dewi, Lintang Ayu Kusuma (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBANTU MEDIA ZETA (PUZZLE PETA) TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN IPAS (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Islam Al-Iman Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
20.0305.0001_COVER_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (553kB)
[img] PDF (Skripsi)
20.0305.0001_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
20.0305.0001_COVER_LAMPIRAN - Lintang AyuDewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
20.0305.0001_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
20.0305.0001_COVER_UNGGAH RIPOSITORY - Lintang AyuDewi.pdf - Published Version

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz berbantu media Zeta (Puzzle Peta) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Islam Al Iman Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-experimental design dengan model “One Groups Pretest-Posttest Design”. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas IVB SD Islam Al Iman Kota Magelang yang terdiri dari 11 siswa putra dan 8 siswa putri sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal uraian dan unjuk kinerja siswa dalam kemampuan mengemukakan pendapat. uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan analisis data yang digunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS versi 29.00 for windows. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Quiz berbantu media Zeta (puzzle peta) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IVB SD Islam Al Iman Kota Magelang. Hasil analisis menggunakan perhitungan uji Paired Sample T-Test terhadap nilai pretest dan posttest yang signifikan sebesar 0,001 < 0,05, yang artinya 0,001 kurang dari 0,05. Maka hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan (treatment).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Aditia Eska Wardana,M.Pd dan Putri Meinita Triana,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Quiz berbantu media ZETA (puzzle peta), Kemampuan Mengemukakan Pendapat. ABSTRAK
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:22
Last Modified: 23 Dec 2024 04:22
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4392

Actions (login required)

View Item View Item