Nurhajimah, Fitri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI WAKTU (MONITU) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas II SD Negeri Rebug Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo Materi Waktu. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
20.0305.0088_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_.pdf - Published Version Download (779kB) |
|
PDF (Skripsi)
20.0305.0088_COVER_BAB IV - Fitri Nurhajimah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
20.0305.0088_COVER_LAMPIRAN - Fitri Nurhajimah (1).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
20.0305.0088_FULLTEXT_.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
20.0305.0088_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Fitri Nurhajimah.pdf - Published Version Download (541kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Monopoli Waktu (MONITU) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas II SD Negeri Rebug, Kec. Kemiri, Kab. Purworejo. Penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pre Post Test Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 17 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur sejauh mana perubahan hasil belajar Matematika sebelum dan sesudah diberi treatment (perlakuan). Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS.29.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Monopoli Waktu (MONITU) berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika. Hal tersebut didukung dengan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Paired Sample T-Test diperoleh bahwa sig. (2-tailed) sebesar 0,001 (0,001<0,005). Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menciptakan siswa yang bersikap kompetitif, mampu berkolaborasi dengan siswa sekelas, menunjukkan identitas diri, dan lebih aktif serta kreatif dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Monopoli Waktu (MONITU) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ari Suryawan,M.Pd dan Agrissto Bintang A.P,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament, Time Monopoly Media (MONITU), Math Learning Outcomes |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 04:17 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 04:17 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4390 |
Actions (login required)
View Item |