Pratiwi, Shanti (2017) EFEKTIVITAS MENARI UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA DINI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
12.0304.0018_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (790kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
12.0304.0018_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
12.0304.0018_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
12.0304.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas menari guna meningkatkan perilaku percaya diri anak usia dini, yang dalam hal ini adalah siswa Kelompok Bermain Taman Penitipan Anak D‟Lola Kota Magelang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari : (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan metode wawancara. Metode observasi digunakan untuk mengamati perilaku kurang percaya diri pada siswa Kelompok Bermain Taman Penitipan Anak D‟Lola Kota Magelang tahun pelajaran 2016/2017 metode wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang latar belakang munculnya perilaku kurang percaya diri pada siswa dan perubahannya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara. Aspek yang dijadikan indikator untuk diteliti adalah (1) Tidak suka berbaur dengan anak lain, (2) Lebih suka menyendiri, (3) Cenderung banyak diam. Data yang diperoleh dianalisa dengan tehnik analisis prosentase konstan. Prosentase perubahan frekuensi munculnya indikator yang diamati diharapkan mencapai 50% . subjek penelitian ini adalah dua orang siswa yang memiliki landasan perilaku kurang percaya diri. Variabel yang diteliti ada 3 yaitu: variabel input, variabel berupa perilaku kurang percaya diri yang dimiliki kedua orang siswa. Variabel proses, berupa perlakuan dengan tehnik kegiatan menari, dan variabel output, berupa perubahan perilaku percaya diri pada kedua subjek penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan menari efektif untuk meningkatkan perilaku percaya diri anak usia dini. Hal ini didukung oleh hasil yang diperoleh secara keseluruhan perubahan perilaku kurang percaya diri dengan prasentase perubahan sebesar 62.5%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd, (0028036001) Febru Pujiastuti, S.Pd, (90623028402) |
Uncontrolled Keywords: | Menari, Percaya Diri, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 04:41 |
Last Modified: | 29 Aug 2019 04:41 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/439 |
Actions (login required)
View Item |