PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian pada Peserta Didik Kelas II di SD Negeri Tamanagung IV Muntilan)

Insira, Attalla Cikha (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian pada Peserta Didik Kelas II di SD Negeri Tamanagung IV Muntilan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0305.0030_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (685kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0305.003_COVER_BAB IV - Attalla Chika.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0305.0030_COVER_LAMPIRAN - Attalla Chika.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0305.0030_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0305.0030_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Attalla Chika.pdf - Published Version

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbantuan media Pop-Up Book terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas II SD Negeri Tamanagung IV Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimenal design dengan model penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian dipilih menggunakan Teknik Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 25 peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Uji validitas instrument pretest-posttest menggunakan spss for windows 25.0. Uji prasyarat analisis data menggunakan teknik statistic parametik yaitu Paired Sampel t-Test dengan bantuan spss for windows 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbantuan media Pop-Up Book terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas II SD Negeri Tamanagung IV Muntilan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Uji Parametrik, diketahui bahwa t_(hitung )-12,936 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,005 sehingga adanya perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan membaca pemahaman sebelum dan hasil kemampuan membaca pemahaman bahasa Indonesia sesudah diberikan perlakuan dengan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbantuan media Pop-Up Book terhadap kemampuan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pretest ke posttest yaitu, pretest 46 dan posttest 80.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnanto,M.Pd dan Agrissto Bintang A.P,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca pemahaman, Pop-Up Book, model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:14
Last Modified: 23 Dec 2024 04:14
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4388

Actions (login required)

View Item View Item