PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPAS (Penelitian Pada Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah Sirojudin, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang)

Bilqis, Anisa (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPAS (Penelitian Pada Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah Sirojudin, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0140_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Anisa Bilqis.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0140_COVER_BAB IV - Anisa Bilqis.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0140_COVER_LAMPIRAN - Anisa Bilqis.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0140_FULLTEXT - Anisa Bilqis.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0140_COVER_REPOSITORY - Anisa Bilqis.pdf - Published Version

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah IPAS siswa kelas V SD Muhammadiyah Sirojudin Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental tipe One Group Pretest-Posttest Desigen dengan jumlah sampel penelitian 24 siswa dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan soal uraian Pretest dan Posttest. Analisis data pada penelitian ini yaitu uji validitas soal Pretest dan Posttest menggunakan rumus Product Moment, uji reliabilitas menggunakan cornbach’s alpha bantuan IBM SPSS for Windows versi 24.0. Teknik analisis data data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis data Shapiro Wilk dengan menggunakan program SPSS 24.0 for windows dan uji hipotesis menggunakan wilcoxon test dengan berbantuan IMB SPSS statistic 24.0. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah IPAS siswa kelas V SD Muhammadiyah Sirojudin Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang dengan hasil nilai sig 0,000 ≤ 0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil soal Pretest dan Posttest menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah IPAS siswa kelas V SD Muhammadiyah Sirojudin Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnanto,M.Pd dan Puji Rahmawati,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah, IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 23 Dec 2024 03:57
Last Modified: 23 Dec 2024 03:57
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item View Item