Susianah, Susianah (2017) PENINGKATAN WORD ACQUISITION BAHASA ISYARAT INDONESIA MELALUI FLASHCARD ( Penelitian pada Siswa Deaf di SLB Negeri Kota Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
12.0304.0012_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (751kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
12.0304.0012_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
12.0304.0012_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
12.0304.0012_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan word acquisition bahasa isyarat Indonesia melalui flashcard. Metode penelitian adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan seseorang dengan tujuan menemukan, memecahkan, dan mengembangkan serta membuktikan kebenaran suatu pengetahuan menggunakan cara atau metodemetode yang bersifat ilmiah. Pada penelitian ini mengkaji dan merefleksi suatu pendekatan pembelajaran dengan flashcard untuk bisa meningkatkan word acquisition bahasa isyarat Indonesia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan dua siklus dengan empat kali pertemuan dan prosentase pencapaian sudah tercapai sehingga tidak memerlukan siklus ke tiga. Pada masing-masing siklus terdapat beberapa tahap yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input (word aquisition bahasa isyarat Indonesia yang masih rendah) variabel proses (kegiatan penggunaan flashcard) dan variabel output (meningkatnya word aquisition bahasa isyarat Indonesia). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakan flashcard efektif untuk meningkatnya word aquisition bahasa isyarat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan prosentase dari kondisi awal sebelum tindakan dan setelah adanya tindakan. Hasil siklus 1 pada S1 37%, S2 46%, S3 47%. Sesudah tindakan pada siklus II meningkat S1 69%, S2 66% dan S3 65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui flashcard dapat meningkatkan word acquisition bahasa isyarat Indonesia anak Deaf usia dini di SLB Negeri Kota Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si (0007096412) dan Dede Yudi S.Pd (0620068203) |
Uncontrolled Keywords: | word acquisition Deaf usia dini, flashcard. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 04:40 |
Last Modified: | 29 Aug 2019 04:40 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/438 |
Actions (login required)
View Item |